Tips menjaga kebugaran tubuh saat masa pandemi.

Pentingnya tetap aktif selama COVID-19

Karena banyak dari rutinitas harian kita tetap dibatasi selama pandemi virus corona, mungkin sulit untuk menemukan motivasi untuk berolahraga. Dengan tantangan bekerja dari rumah dan akses terbatas ke fasilitas kebugaran, Anda mungkin merasa sulit untuk tetap berpegang pada rutinitas olahraga. Anda mungkin merindukan persahabatan di gym, relaksasi dari berenang, atau hubungan sosial dari berjalan atau hiking dengan sekelompok teman. Jika Anda terbiasa menghadiri kelas kebugaran dengan instruktur yang memotivasi, Anda mungkin akan kecewa dengan intensitas latihan Anda sendiri.  Ya tetapi mau bagaimana lagi, untuk menjaga keburan tubuh di samping kita mengkonsumsi makanan bergizi dan mengkonsumsi suplement seperti rhea health tone , kita memang harus melakukan olahraga rutin. 


Mempertahankan rutinitas olahraga di rumah saat ini tampak lebih seperti 'harus' daripada 'ingin'. Dan dengan begitu banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan kesulitan keuangan, tetap aktif tampaknya tidak menjadi prioritas. Namun, bahkan sedikit aktivitas dapat membuat perbedaan besar pada seberapa baik Anda berpikir dan merasa. Faktanya, olahraga adalah salah satu alat paling ampuh yang kita miliki untuk tetap sehat secara fisik dan mental.

Olahraga dapat membantu meredakan depresi, stres, dan kecemasan, serta membantu dalam pengelolaan kondisi kronis, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Dengan menemukan cara baru untuk bergerak dan tetap termotivasi, Anda dapat mengendalikan suasana hati dan kesejahteraan Anda dan mendapatkan kembali kendali selama masa ketidakpastian yang besar ini.

Latihan dan sistem kekebalan Anda

Meskipun fit tidak akan mencegah Anda tertular virus, hal itu memiliki banyak efek perlindungan lainnya. Aktivitas fisik melepaskan endorfin, bahan kimia di otak Anda yang merevitalisasi pikiran dan tubuh Anda, dan dapat membantu meningkatkan semua aspek kesehatan Anda. Selain meningkatkan mood dan meningkatkan kualitas tidur, olahraga juga dapat memperkuat sistem kekebalan Anda, sesuatu yang sangat penting saat ini, terutama untuk orang dewasa yang lebih tua yang lebih rentan terhadap COVID-19.

Tapi jangan berlebihan. Meskipun aktivitas fisik sedang mendukung fungsi kekebalan, terlalu banyak aktivitas intens — terutama jika Anda tidak terbiasa — mungkin memiliki efek sebaliknya dan menekan sistem kekebalan Anda.

Jika Anda menggunakan olahraga untuk menjaga energi dan semangat di saat-saat sulit seperti ini, Anda mungkin cenderung tidak beralih ke mekanisme penanggulangan yang tidak sehat, seperti minum terlalu banyak, yang juga dapat merusak sistem kekebalan Anda.

Membuat rencana olahraga yang akan membuat Anda tetap termotivasi

Baik Anda mengajar anak-anak Anda dan bekerja di rumah atau Anda menganggur dan mengkhawatirkan keuangan, ini mungkin bukan saat yang tepat untuk menjalankan rencana kebugaran baru yang menantang. Pertimbangkan tingkat energi Anda (banyak orang melaporkan kelelahan akibat stres terkait virus korona), masalah kesehatan yang sedang berlangsung, dan waktu yang Anda miliki, kemudian tetapkan tujuan yang masuk akal dengan fokus pada aktivitas yang Anda sukai. Anda lebih cenderung berpegang pada rencana olahraga jika Anda memulai dari yang kecil, merayakan kesuksesan Anda, dan membangun secara bertahap.

Prioritaskan latihan Anda. Orang yang meletakkan aktivitas kebugaran mereka di kalender yang sama dengan janji temu reguler mereka cenderung tetap berpegang pada rencana mereka. Anda tidak akan membatalkan janji temu dengan dokter gigi Anda karena Anda sibuk dengan pekerjaan atau hanya merasa tidak enak saat itu. Sebaliknya, Anda akan memenuhi kewajiban Anda dan kemudian kembali bekerja setelahnya.

Berolahraga di waktu yang tepat untuk Anda. Banyak orang yang mempertahankan program latihan olahraga jangka panjang di pagi hari. Menyelesaikan rutinitas kebugaran Anda di pagi hari dapat memberi Anda energi dan menciptakan suasana yang positif untuk sisa hari itu. Yang lain merasa terbantu untuk beristirahat dari pekerjaan dan bergerak di sore hari ketika energi mereka melemah. Semburan aktivitas dapat menstimulasi otak dan membantu Anda menjalankan tugas-tugas lain di daftar tugas Anda.

Jadilah spesifik dalam tujuan Anda — dan pantau latihan Anda. Daripada bertujuan untuk "menjadi lebih bugar", tetapkan tujuan konkret seperti "berjalan kaki 30 menit pagi hari pada hari Senin / Rabu / Jumat / Sabtu". Cobalah salah satu dari banyak pelacak kebugaran atau aplikasi ponsel cerdas yang tersedia untuk mencatat kemajuan Anda — atau cukup gunakan kalender untuk mencatat durasi latihan, jarak, dan tingkat upaya Anda. Melacak kemajuan Anda dapat membantu Anda tetap bertanggung jawab, memberikan rasa pencapaian, dan mendorong Anda untuk terus maju.

Ucapkan dengan lantang. Beri tahu teman apa tujuan dan rutinitas Anda atau poskan di media sosial. Anda cenderung tidak melewatkan sesi jika Anda tahu teman Anda akan bertanya tentang bagaimana Anda naik. Dan jika mereka memberi Anda umpan balik positif, itu akan memberi Anda dorongan untuk sesi berikutnya. Berolahraga dengan teman juga dapat membantu Anda tetap fokus. Atur waktu yang teratur untuk berolahraga bersama — baik dalam jarak sosial atau melalui telepon atau video call — dan tawarkan dukungan dan dorongan satu sama lain.

0 komentar